• PULUNG MEKAUM Kumpul Keluarga dalam bahasa Aceh


    PULUNG MEKAUM  Kumpul Keluarga dalam bahasa Aceh 

    Pulung Mekaum merupakan salah satu tradisi adat tradisional desa Panglima Sahman kecamatan Runding kota Subulussalam atau dulu disebut Desa Adat Singkil. Hal ini dilaksanakan ketika ada hajatansuatu keluarga dalam mengadakan acara Khitanan atau pernikahan (pekerjaken). 

    Nah, Pulung Mekaum ini dilaksanakan H - 1 sebelum hari H. Kemudian diundang semua sanak famili dan juga warga desa setempat utk membicarakan kegiatan selama acara pernikahan atau khitanan mulai hari pertama hingga hari ke tiga. Adat ini tidak lepas lagi dari masyarakat karena ketika ditiadakan maka bagi atau pandangan masyarakat itu sesuatu yang aneh dan jadi pertanyaan besar kenapa tidak dilakukan pulung mekaum atau rapat acara. Setahu saya sebagai warga disini hal itu memang memberikan banyak manfaat terutama silaturahmi dan transparansi bagi yg punya hajat juga famili serta masyarakat setempat. Dalam rapat acara ini ada 2 keputusan terpenting yaitu susunan panitia atau penanggung jawab dan isian acara selama 3 hari.


    Tulisan ini adalah hasil kolaborasi dengan HAFIZI, teman penulis yang berasal dari Provinsi Aceh. tepatnya di kota Subulussalam

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.