• De Tjolomadoe Wisata Bekas Pabrik Gula di Solo

     De Tjolomadoe Wisata Bekas Pabrik Gula di Solo



    Surakarta atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan Solo adalah salah satu kota besejarah di Indonesia. Mulai dari keraton surakarta yang masih berdiri tegak, ada juga keraton Ngarsopuran,Sriwedari dan yang pasti budaya yang juga masih terus dijaga oleh warga kotanya. Kota Solo memang tak seluas Semarang maupun kota Jogjajakarta, tapi kalau kita sudah singgah sebentar di kota ini, pasti akan ada rasa rindu ketika kita sudah meninggalkan kota ini. Tapi kali ini kita mau explore wisata kota yang berada di Colomadu kabupaten Karang Anyar. Jika sobat ingin kunjungi wisata ini, maka tempat ini berada disebelah barat dari kota Solo, tetapi tidak terlalu jauh karena masih berada dalam kawasan Solo Raya.



    Bekas Pabrik yang Diubah Jadi Tempat Wisata

    De Tjolomadoe adalah bekas pabrik gula ketika zaman kolonial belanda. Ketika sobat sampai ditempat ini, maka sobat akan melihat langsung betapa besarnya bekas pabrik gula peninggalan kolonial. Ketika  kita masuk kedalam bangunan ini, kita akan menyaksikan sebuah mesin bekas penggilingan kuno yang masih terpasang didalamnya. Tak lupa pula dari setiap mesin yang masih tersimpan, terdapat keterangan sebagai informasi kepada pengunjung. Kemudian ditempat lain kita akan menyaksikan foto – foto sejarah dari bekas pabrik gula. Ada juga dokumen sejarah lain seperti buku akuntan, surat – surat dan lain – lain. Didalamnya juga terdapat toko yang menjual souvenir De Tjolomadu sebagai oleh – oleh untuk dibawa pulang.



    De Tjolomadu adalah wisata nostalgia zaman kolonial. Anda dapat memanfaatkan ini untuk mengambil spot gambar sesuai selera. Dari luar bangunan hingga isinya semuanya bisa anda jadikan spot foto yang menakjubkan. Tempat ini juga sering dijadikan event nasional karena halamanya yang sangat luas. Ayoo ke Tjolomadoe..................

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.