• EKONOMI KERAKYATAN JEMBATAN SIBITING KEMBANG LANGIT

     

    EKONOMI KERAKYATAN JEMBATAN SIBITING KEMBANG LANGIT

    Percayakah kalian bahwa segala tempat dapat dijadikan sebagai tempat untuk berjualan ? pada dasarnya segala tempat ataupun barang dapat dimanfaatkan untuk berbisnis asalkan kita mampu melihat peluang apa yang ada pada mereka. Seperti contoh sepanjang jalan di samping lapangan Karangasem Karatsuro yang dijadikan tempat berjualan jajan anak-anak SD setiap sore. Kali ini kita akan jalan-jalan ke daerah kembang langit, dimana ada sebuah jembatan yang dimanfaatkan warga sekitar untuk berjualan setiap harinya.



    AKSES JALAN YANG MUDAH

    Jembatan Sibitting kembang Langit terletak di Desa Kembang Langit kecamatan Blado kabupaten Batang Jawa Tengah. Jembatan ini termasuk jalur utama jika kita ingin pergi ke daerah Banjarnegara ataupun sekitarnya. Kebetulan kali ini mimin berangkat dari daerah Tersono atau Batang timur. Sebenarnya rute menuju jembatan Sibitting sangat banyak. Kuncinya dari arah manapun kita menuju ke kecamatan Bandar. Patokanya setelah sampai Bandar kita mencari pondok Modern Tazakka karen jalur menuju kesana tinggal mengikuti jalan yang ada di depan pondok tersebut sampai kita menuju jembatan. Jika dihitung kira-kira memakan waktu 30 menit dari pondok menuju jembatan asalkan menggunakan kecepatan rata-rata 60 – 80 km/jam. Jalanan yang menanjak dan begitu ramai mengharuskan pengendara mobil atupun motor untuk berhati-hati ketika berkendara.



    ANEKA JAJANAN PILIHAN

    Sepanjang jalan menuju jembatan Sibitting sebenarnya banyak wisata lokal maupun kafe-kafe untuk sekedar bersantai bersama teman maupun keluarga. Ada juga wisata kembang langit yang bisa digunakan untuk mengabadikan memori dengan spot foto yang sangat instagramble. Sesampainya di jembatan kita akan melihat sepanjang tempat itu berjejer banyak penjual makanan dan minuman serba hangat  yang sangat cocok dinikmati dengan cuaca kembang langit yang sangat dingin dan menyegarkan. Sobat dapat memilih dari Kopi panas, , Siomay, Bakso maupun es cream juga ada disana. Tapi jangan kaget kalau segala makanan atau minuman akan cepat dingin dikarenakan cuaca adem disana. Harganya pun sangat murah. Mulai dari kopi dengan cukup membayar Rp 3000,- saja, bakso Rp. 10.000,- atupun siomay sesuai selera anda ingin berapa banyak. Harga yang sangat terjangkau tersebut sangatlah tidak menguras kantong pribadi kita, bahkan kita bisa berwisata tetapi dengan budget yang sangat murah.

    TEMPAT YANG NYAMAN UNTUK SINGGAH

    Jembatan ini setiap harinya sangat ramai dikunjungi orang-orang dari luar daerah tersebut. Biasanya ada yang sengaja datang untuk duduk-duduk saja. Ada juga orang yang singgah di jembatan itu untuk sekedar beristirahat dari perjalanan jauh. Ada yang singgah perjalanan dari Banjarnegara, maupun banyak juga yang singgah sehabis pulang dari camping di daerah Telaga Sidringa yang sangat indah. Buat sobat yang penasaran, mending langsung saja chek tempatnya. Nikmati jajanya serta syukuri anugrah alamnya.



    Terakhir, admin ingin curhat sedikit tentang tempat ini. Bahwasanya Jembatan Sibitting sangat berdekatan dengan salah satu kafe terkenal di kabupaten Batang yang berkonsep alam. Tetapi hal ini justru menggambarkan bagaimana perputaran ekonomi khusunya dibidang kuliner tidak hanya dimiliki oleh para pemodal saja. Terbukti dengan banyaknya penjual makanan yang ada disana menunjukkan bagaimana konsep ekonomi kerakyatan bisa dijalankan asalkan bisa melihat peluang dan juga kemauan dari kita pribadi. Semoga ekonomi sejenis ini dapat juga dilaksanakan ditempat-tempat lain. Sehingga kesejahteraan rakyat benar-benar nyata didepan mata.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.